Lengan Lirang

Posted by Toko Buku Kupu-kupu Lucu on Saturday 6 July 2013

Lengan Lirang
Kumpulan Puisi
Akhmad Fatoni
LENGAN LIRANG
AKHMAD FATONI
Rp30.000

sajak-sajak yang terkumpul dalam buku ini merupakan sajak inflasi Akhmad Fatoni, yakni sajak yang ditulis pada masa produktif--stagnasi. Sajak-sajak di buku ini, sebagian pernah dipublikasikan oleh penyair di majalah, jurnal, buletin, dan juga koran Minggu. Ada pula yang pernah dibukukan dalam antologi bersama. 
Topik puisi yang digubah oleh Akhmad Fatoni dapat diklasifikasikan dalam lima kategori berikut (1) tanggapan penyair terhadap masalah edukasi dalam pengertian luas, (2) tanggapan penyair terhadap masalah filosofi hidup dan kehidupan, (3) tanggapan penyair terhadap masalah moral masyarakat, (4) tanggapan penyair terhadap masalah keindahan, dan (5) tanggapan penyair terhadap masalah agama dan keyakinan. Akhmad Fatoni sebagai bagian dari komunitas cendekiawan dan budayawan Indonesia menaruh perduli terhadap masalah edukatif, filosofis, etis, estetis, dan religius. 
Salah satu cara ungkap yang digunakan oleh Akhmad Fatoni dalam penulisan kreatif puisi-puisinya ialah dengan cara “bilang begini, maksudnya begitu” atau meminjam ungkapan Riffaterre dalam Semiotic of Poetry (1978) “Says of thing and means another”. Secara ringkas dapat dikemukakan bahwa Akhmad Fatoni sebagai bagian dari komunitas cendekiawan dan budayawan Indonesia menaruh perduli terhadap masalah edukatif, filosofis, etis, estetis, dan religius.

(Dimas Arika Miharja, Penyair dan Dosen Universitas Negeri Jambi)

{ 0 comments ... read them below or add one }

Post a Comment