Menjual Buku sama dengan Mengajarkan Ilmu

Posted by Toko Buku Kupu-kupu Lucu on Friday 12 July 2013

Oleh: Akhmad Fatoni

Hallo sahabat KKL, ini cerita kedua yang saya tulis mengenai KKL. Cerita kedua ini mengenai jatuh-bangun berjualan buku, sedangkan yang pertama Sebuah Cerita tentang Mimpi. Baiklah, berikut ceritanya:

Sudah hampir 2 minggu saya membuat ruang tamu saya menjadi lapak. Memang di sana tidak banyak buku yang dijual, namun jika Anda berkunjung pasti menemukan novel, biografi, cerpen, dll. Pasang surut niat ini untuk melanjutkan usaha jualan buku. Ah, tapi karena kecintaan saya terhadap buku, maka saya selalu punya cara untuk menyikapinya yakni membuat reviem atau cerita tentang buku-buku yang saya jual.

Mengapa begitu? Hal itu tiba-tiba tercenung dalam pikiran saya ketika saya duduk manis sambil membaca buku di teras rumah. "Usaha itu tidak melulu soal uang, tapi harus diimbangi dengan beramal sebagai wujud sosial atau kemanusiaan." Celuk saya dalam hati. Ah, lantas wujud sosial apa yang harus saya lakukan?

Lama saya terdiam. Saya hanya utek-utek laptop. Lalu online, yah, akhirnya ketemu jawabnya. Saya harus beramal dengan memberi info tentang buku-buku apa yang saya jual, sehingga orang yang akan membeli buku tidak menyesal atas buku yang dibeli, melainkan bangga. Menjual buku sama dengan mengajarkan ilmu, itulah yang saya terapkan. Ilmu semakin disebarkan bukan semakin habis, melainkan semakin berkembang dan bertambah banyak.

Lah kalau buku bagaimana? Jika kita memberitahukan buku itu kepada calon pelanggan. Memang ada resiko orang tidak beli akan tetapi hanya membaca. Tapi bagi mereka yang "cinta" dengan buku, maka akan melilih toko buku yang memberi fasilitas semacam itu. Otomatis, jika pecinta buku sudah bersikap seperti  niscaya mereka akan merekomendasikan tempat kita kepada orang terdekatnya, sanak famili, kenalan, dsb. Begitulah, maka dari itu. Sejak hari ini, saya akan selalu membuat review tentang buku-buku yang saya jual di Toko Buku Kupu-kupu Lucu.***

{ 0 comments ... read them below or add one }

Post a Comment